Rabu, 26 Oktober 2011

KODE QR

Yaks... pasti sudah pada tau dong... Kode QR itu apa? Seperti apa bentuknya? atau masih pada bingung apa sih kode QR itu ?? hemmm... simpe-nya yang punya smartphone blackberry pasti pernah melihatnya ^^ ..
Kode QR pada Blackberry terletak pada My Profile Blackberry Messanger (BBM) disitu ada PIN Barcode, klick "show" maka akan muncul Kode QR di layar Handphone nya :D
Bukan disengaja bukan kebetulan saya menulis ini, tapi karena ada tugas softkill telematika yang membahas tentang Kode QR.. Maka mari jooo kita bahas atau jawab soal dari bapak dosen :D hehehee...

Kode QR adalah kode matriks (barcode dua dimensi) yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Jepang yang masih bagian dari Toyota Group yaitu Denso Wave yang dipublikasikan pada tahun 1994 oleh sebuah divisi Denso Corporation.
QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, QR memiliki fungsionalotas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapat respons yang cepat pula. Di balik kode matriks itu tersimpan data, yakni informasi kontak, alamat email, url, nomor telepon, nama perusahaan, geoposisi, jadwal acara, dan teks.

Kode QR dapat digunakan pada ponsel yang memiliki aplikasi pembca kode QR dan memiliki akses internet GPRS atau WiFi atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via kode QR tersebut. Pelanggan/pengguna ponsel hanya harus mengaktifkan program pembaca kode QR, mengarahkan kamera ke kode QR selanjutnya program pembaca akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada kode QR.
Misalnya kode QR berisi alamat suatu situs, maka pengguna  dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs tersebut. Atau yang mungkin lebih familiar dengan kode QR adalah para pengguna smartphone blackberry. Untuk meng invite PIN Blackberry dapat menggunakan kode QR dengan cara Smartphone 1 menampilkan PIN Barcode yang terletak pada profil BB kemudian smartphone 2 invite BBM contact dengan memilih Scan a PIN barcode dan langsung mengarahkan kamera ke smartphone 1 yang sudah menampilkan barcode nya.
Jika ingin mengakses kode QR dengan ponsel tanpa kamera, maka hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah menjalankan terlebih dahulu aplikasi peramban yang ada pada ponsel, lalu masukan URL halaman yang bersangkutan, selanjutnya masukkan  “ID” atau 7 digit nomor yang tertera dibawah kode dan klok tombol Go, maka pengguna akan memperoleh konten digital yang diinginkan
 
 
Fungsi Kode QR
Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring. Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia kode QR .

Keuntungan Kode QR
Keuntungan atau manfaat dari penggunaan Kode QR sangat banyak, karena kode QR dapat menyimpan data atau informasi yang lebih besar sehingga banyak digunakan dalam berbagai bidang.  Kode QR telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang sehingga pengguna mengakses konten-konten lebih mudah, menarik dan visual. Misalnya :
1.       Bidang Multimedia
Penggunaan kode QR pada pembuatan klip video, foto dan untuk promosi sebuah film. Pengguna hanya mengarah pemindai yang dituju maka akan langsung dapat mengakses video klip / foto atau cuplikan sebuah film.
QR Code bisa jugadimanfaatkan untuk menampilkan teks, nomor telepon/ponsel, atau pesan singkat (SMS).
2.       Bidang Bisnis
Kode QR digunakan untuk digunakan sebagai keamanan makanan yaitu memasukan data-data mengenai kandungan nutrisi dan masa kadaluarsa pada setiap label makanan sehingga pelanggan dapat merasa lebih aman dalam memilih makanan yang dibeli karena dapat mengetahui kandungan dari makanan tersebut.
Kode QR dipakai oleh perusahaan angkutan umum untuk mengetahui keberadaan bus yang sedang ditunggu. Cara kerjanya dengan memberikan hipertaut ke kamera CCTV disetiap jalan melalui koneksi internet pada ponsel.
3.       Bidang Pendidikan
Kode QR dapat dipasang pada kartu pelajar, sehingga akan mempermudah proses absensi siswa dan mempermudah akses bagi para siswa,guru, dan orang tua murid kepada informasi proses belajar mengajar.

Kerugian Kode QR
Kerugian atau kelemahan Kode QR diantaranya :
-          Alat scanner untuk membaca kode QR jauh lebih mahal dibandingkan scanner yang biasa.
-          Hanya bisa terbaca oleh perangkat yang berbasis CCD (charge Couple Device)
-     Sangat bergantung pada akses internet, GPRS, WiFi dan 3G. Jika tidak ada akses  internet, kode QR tidak dapat diakses
 
Perangkat/software apa saja yang dapat digunakan untuk membaca kode 2 dimensi tersebut ?
Symbol  2-D tidak bisa dibaca oleh laser karena tidak biasanya ada pola menyapu yang dapat mencakup seluruh simbol. Mereka harus scan oleh scanner berbasis gambar menggunakan perangkat charge coupled device (CCD) atau teknologi sensor kamera digital.
CCD (charge-coupled device) adalah sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondensator yang berhubungan, atau berpasangan.

Menggunakan Scanner 2D
Scanner yang support untuk membaca QR Code haruslah scanner barcode 2D yg berbasis CCD, seperti Metrologic MS1690 Focus atau Unitech MS336, barcode scanner 2 dimensi Metrologic MS1690 Focus dan Unitech MS336.



Menggunakan HP
Kaywa Reader adalah QR code reader untuk perangkat handphone seperti yang disebutkan pada halaman Nokia dan pada handphone LG KU250
Imatrix adalah Applikasi QR code reader dan 2D lainnya yang digunakan untuk IPhone.
Aplikasi Java
Dapat digunakan untuk desktop maupun perangkat handphone, dapat di download dari http://www.2dtg.com/demo.html
ZXing Decorder Online
Dapat digunakan untuk men-decode QR code berupa image dengan memasukkan URL image maupun dengan menguploadnya
 
 
Kelebihan kode 2 dimensi atau kode QR antara lain :
-         memiliki kapasaitas pengkodean data untuk berbagai jenis data seperti data numeric, data alphabetis, kanji, kana, hiragana, symbol dan kode biner.
-          Kode QR dapat menampung data lebih banyak. Untuk jenis data numeric sampai dengan 7089 karakter, data alphanumeric 4.296 karakter, kode binary 2844 byte dan huruf kanji 1817 karakter.
-          Kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil dibandingkan dengan kode batang, hal ini dikarenakan kode QR menampung data secara horizontal dan vertical, oleh karena itu ukuran dari tampilan gambar kode QR bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah kode batang.
-      Kode QR tahan terhadap kerusakan sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30 %. Walaupun sebagian symbol kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat
 
untuk mendownload software Kode QR bisa didownload disini
 bagi yang ingin mengetahui spesifikasi dari kode QR bisa di liat di blog teman saya disini
Mungkin cuma segini info - info mengenai kode QR, semoga bermanfaat gitu lhoooo.. CHEERS


Sumber :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar