Minggu, 09 Oktober 2011

Pengantar Telematika 1




 Info yang saya dapat mengenai telematika adalah sebagai berikut :
 
Kata TELEMATIKA, berasal dari bahasa Perancis yaitu TELEMATIQUE; bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Dikenalkan kali pertama oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam buku-nya yang berjudul L’informatisation de la Societe pada tahun 1978. Istilah telematika dari segi hukum adalah perkembangan sistem elektronik berbasis digital antara teknologi informasi dan media yang awalnya masing – masing berkembang secara terpisah. Sedangkan para praktisi menyatakan bahwa Telematics merupakan kepanjangan dari Telecommunication and Informatics. Sebagai perpaduan konsep dari computing and communication. Telematics dikenal juga sebagai The New Hybrid Technology, istilah ini muncul karena adanya perkembangan teknologi digital.


Menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia. Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan Informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan dari TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA = informatika.

Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Telematika adalah sarana telekomunikasi dengan jangkauan seluruh dunia yang mentransmisikan sejumlah informasi dalam waktu singkat dengan menggunakan sistem digital.
 
Ilmu yang mendasar telematika sangatlah banyak dan luas diantaranya adalah Ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi adalah Teknologi Komunikasi dan Informatika atau lebih dikenal dengan ICT ( information and Communications technology.

Selain ICT, telematika juga terkait pada GPS ( Global Positioning System) merupakan bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technologi) 
 
serta Jaringan Komputer tentu saja menjadi ilmu yang mendasari telematika. jaringan komputer adalah adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web)
 
 Berbagai macam bidang memanfaatkan telematika, hal ini tentu saja sangat menunjang kinerja pada bidang itu sendiri.
-          E-government
Dibuat untuk mempermudah administrasi pemerintahan yang dilakukan secara elektronik. Contohnya ;pendaftaran CPNS,
-          E-commerce
Adalah bisnis yang transaksinya dilakukan dengan bantuan jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut adalah penjual dan pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain adalah internet dan electronic data interchange (EDI).
Contohnya : website online shop
-          E-learning
E-Learning adalah istilah payung yang menggambarkan pembelajaran yang dilakukan menggunakan komputer, biasanya terkoneksi dengan jaringan, dan memberikan kita kesempatan untuk belajar hampir setiap waktu, di mana pun.
-          Road Vechicle  dan vechicle telematics (kendaraan dan lalulintas)
-          Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference.
-          e-medicine
eMedicine adalah basis pengetahuan klinis medis online yang didirikan pada tahun 1996 oleh Scott Plantz dan Richard Lavely, dua dokter medis. eMedicine dijual kepada WebMD pada Januari 2006.
-          e-laboratory
yaitu sistem laboratorium multimedia yang tidak hanya ditujukan
untuk keperluan laboratorium bahasa saja, melainkan dapat difungsikan sebagai media pengajaran interaktif dan sistem pengajaran jarak jauh yang mampu memadukan teknologi komputer dan multimedia
-          E-Science (atau eScience)
adalah ilmu komputasi intensif yang dilakukan dalam lingkungan jaringan yang sangat terdistribusi, atau ilmu yang menggunakan set data yang sangat besar yang membutuhkan komputasi grid; istilah kadang-kadang mencakup teknologi yang memungkinkan didistribusikan kolaborasi, seperti Grid Akses. Istilah ini diciptakan oleh John Taylor, Direktur Jenderal Kantor Inggris Sains dan Teknologi pada tahun 1999 dan digunakan untuk menggambarkan inisiatif pendanaan yang besar mulai November 2000. Contoh dari jenis ilmu termasuk simulasi sosial, fisika partikel, ilmu bumi dan bio-informatika.
 
Perangkat – perangkat yang menunjang atau dibutuhkan telematika antara lain : 
-          Perangkat keras 
-          Perangkat lunak 
-          Prosedur-prosedur 
-     Informasi 
-          Fungsi – fungsi teknologi didalamnya yaitu : input, proses, output, penyimpanan,komunikasi.

Dalam prateknya lingkup cyberspace (istilah baru dalam pengguna internet global community) dikenal sebagai : Content, Computing, Communication dan Community.
·         Content adalah isi atau substansi Data dan/atau informasi berupa input dan output dari penyelenggara sistem informasi yang disampaikan pada public, mencakup semua bentuk data/informasi baik yang tersimpan dalam bentuk cerak maupun elektrinik,maupun yang disimpan sebagai basis data (database) maupun yang dikomunikasikan sebagai bentuk pesan (data messages)
·         Computing adalah sistem pengolahan informasi yang berbasiskan sistem komputer berupa jaringan sistem informasi (computer network) organisasional yang efisien, efektif dan legal. Dalam hal ini, suatu sistem informasi merupakam perwujudan penerapan perkembangan teknologi informasi kedalam suatu bentuk organisasional/organisasi perusahaan (bisnis)
·         Communication adalah sistem komunikasi yang juga berupa sistem keterhubungan (interconnection) dan sistem pengoperasian global ( interoperatiopnal) antar sistem informasi/jaringan komputer maupun peyelenggara jasa dan/atau jaringan telekomunikasi.
·         Community adalah masyarakat berikut sistem kemasyarakatannya yang merupakan pelaku intelektual (brainware), baik dalam kedudukkannya sebagai pelaku usaha, professional penunjang maupun sebagai pengguna dalam sistem tersebut.
 
Dengan berkembangnya telematika seperti sekarang ini, memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Sehingga lebih efisien, hemat waktu, tenaga, biaya dan lain-lain. Contoh manfaat atau keuntungan dari telematika antara lain adalah :
·         Telematika dapat memberikan berbagai informasi mengenai perkembangan globalisasi dengan sangat cepat melalui berbagai media seperti : TV, Internet, Radio dan lain – lain.
·         Memberikan kemudahan mendapatkan informasi dan berkomunikasi bahkan sampai dengan lintas Negara dengan menggunakan Yahoo messenger, email, sms, mms, BBM.
·         Memberikann Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System Pendidikan dan pelatihan jarak jauh diperlukan untuk memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber daya dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM di Indonesia.
·         Pengelolaan Sistem Informasi Ilmu pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi telah disimpan dalam bentuk disket atau CD ROM, namun perlu dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi itu mudah dikomunikasikan
·         Video Teleconference; Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia.

Telematika dapat juga memberikan kerugian dan bisa sangat merugikan orang lain, diantaranya adalah :
a)          Pornografi atau pornografi yang melibatkan anak-anak (child pornography).
Kejahatan ini bentuknya adalah mengedarkan dan menjual foto, gambar atau rekaman pronografi melalui media internet. Kejahatan ini juga termasuk pedofili.
b)          Pelecehan (harassment)
Kejahatan ini biasanya dilakukan dengan cara mengirimkan sebanyak mungkin surat elektronik untuk menghina seseorang, melecehkan seseorang melalui mail lists, bulletin board atau blog.
c)           Penguntit (stalking)
Kejahatan ini biasanya dilakukan setelah korban dan pelaku melakukan kontak online melalui media chat room atau online messages, si pelaku melakukan penelusuran, investigasi dan membuntuti korban sehingga korban merasa tidak nyaman.
d)          Ancaman melalui elektronik mail.
e)          Pelanggaran (fraud)
Termasuk memberikan data palsu pada vendor (perusahaan virtual) atau penipuan., atau menggunakan nomor kartu kredit bukan miliknya (carding).
f)            Perjudian (gambling)
Perjudian secara online dibeberapa negara termasuk kejahatan.
g)           Xenophobic
Perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang disebarkan melalui media internet dimana perbuatan tersebut akan menimbulkan kebencian, permusuhan, huru hara atau pertumpahan darah. Misalnya menghina dan mendiskriminasi suatu ras, agama atau etnis tertentu.
     h) Spamming
                  Perbuatan mengirimkan surat elektronik sebanyak-banyaknya pada orang lain baik yang
                 dikenal    maupun tidak dikenal, untuk mengiklankan produknya atau melakukan penipuan.
 
 
 
 Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
http://www.scribd.com/doc/23291241/HUKUM-TELEMATIKA
(http://www.worldwidelearn.com/elearning-essentials/index.html)
http://id.wikipedia.org/wiki/EMedicine
http://www.rumah-software.com/2011/06/lab-bahasa-berbasiskan-multimedia/
http://en.wikipedia.org/wiki/E-Science
http://telegareth.blogspot.com/2010/11/manfaat-telematika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar