Jumat, 07 Januari 2011

Multimedia


Pada dasarnya multimedia merupakan kata yang sudah tidak asing lagi di Indonesia dan layanan yang menggunakan multimedia-pun sudah banyak yang beroperasi. Tetapi terminology mengenai multimedia sendiri masih sempit di masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena multimedia selalu diasosiasikan dengan Personal Computer (PC). Berdasarkan etimologi kata multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media. Multi berarti beragam atau banyak jenis, sedangkan Media berarti sarana penyampaian informasi.  Jadi jika digabungkan multimedia adalah  pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan teks, link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi. Jika sebuah PC disebut multimedia, maka PC tersebut harus memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan suara, misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem.

Perkembangan Multimedia pada zaman sekarang sangat cepat sekali, perkembangannya tidak hanya digunakan pada bidang bisnis tetapi dikembangkan pula pada bidang pendidikan, politik, jurnalistik dll. Hampir disetiap sekolah atau universitas di kota – kota besar di Indonesia memiliki ruang khusus untuk multimedia yang digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran untuk mengenalkan dan menambah wawasan tentang teknologi bagi siswa – siswi di Indonesia

Dengan berkembangnya multimedia tidak dapat dilepaskan dengan komputer sebagai alat bantu dan mempunyai dampak yang begitu besar dalam kehidupan manusia. dari Segala informasi dari belahan dunia bisa langsung didapat. Seperti halnya multimedia yang digunakan oleh para elit politik yaitu teleconference sebagai media diplomasi.  Membuat semua hal yang berhubungan dengan kecanggihan teknologi terasa begitu mudah, cepat dan efisien.


Hanya saja perlu diingkat, kita sebagai pengguna kecanggihan teknologi harus berbanding lurus dengan ilmu yang kita punya. Harus terus mengupdate segala sesuatu perkembangannya, dan dalam penggunaan multimedia sendiri sebaiknya digunakan untuk kegiatan yang positive atau tidak menyimpang seperti pembuatan animasi, film, arransemen music dll. Sehingga akan lebih bermanfaat untuk kehidupan manusia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar