Sabtu, 21 April 2012

Ancaman Teknologi Sistem Informasi


TUGAS 2
Etika dan Profesionalisme TSI


1. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis ancaman atau gangguan yang ada pada teknologi 
    sistem informasi?
2. Bagaimana cara menanggulangi ancaman atau gangguan tersebut?
3. Apa peranan keamanan jaringan (menggunakan kabel dan wireless) pada teknologi 
    sistem informasi
4. Bagaimana cara mengamankan jaringan yang digunakan pada teknologi sistem 
    informasi

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Teknologi Sistem Informasi pada masa sekarang telah sangat dimanfaatkan sedemikian luas dan dalam. Banyak institusi ataupun organisasi yang bergantung pada TSI, sehingga resiko bisnis yang ditimbulkan pun semakin besar.

Adanya ancaman atau gangguan yang ada pada teknologi sistem informasi-pun tidak dapat dihindarkan. Untuk itu, sebagai pengguna teknologi sistem informasi setidaknya harus memiliki / mengetahui pengetahuan mengenai ancaman atau gangguan yang dapat merugikan. 


Ancaman terhadap sistem informasi dibagi menjadi dua macam. yaitu ancaman aktif dan ancaman pasif.

Ancaman Aktif
Tipe ancaman ini berupa kecurangan dan kejahatan terhadap komputer seperti analisa trafik, memonitor komunikasi terbuka, memecah kode trafik yang di enkripsi dan menangkap informasi untuk proses otentifikasi seperti password.

Ancaman Pasif
Tipe ancaman ini dikarenakan adanya kegagalan sistem, kesalahan manusia yang disengaja maupun tidak disengaja dan bencana alam. 
salah satu contohnya adalah mencuri atau memodifikasi informasi. 

cara menanggulangi ancaman atau gangguan tersebut dengan melakukan proteksi all-in-one paling cepat dan ringan. seperti dengan mengganti password secara berkala, jangan menggunakan kata kunci yang gampang di lacak oleh orang lain, seperti tanggal lahir. Pilihlah kata kunci yang terdiri dari gabungan karakter dan angka, serta jangan terlalu pendek minimal 8 karakter. kemudian adanya keterbatasan menggunaan sistem sehingga tidak semua orang dapat mengakses sistem secara keseluruhan. 

Terdapat 3 cara untuk mencegah penggelapan dan sabotase yaitu 
1. Site-access controls
2. System-access controls
3. File-access controls


Peranan keamanan jaringan (menggunakan kabel dan wireless) pada teknologi sistem informasi

jaringan wireless adalah jaringan dengan menggunakan teknologi nirkabel, yaitu adanya hubungan telekomunikasi suara maupun data dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Teknologi nirkabel ini lebih sering disingkat dengan istilah jaringan wireless.

wireless adalah teknologi yang beroperasi tanpa kabel


keamanan jaringan wireless dalam teknologi sistem informasi dengan wired equivalent privacy (WEP) yaitu kriptografi rumit untuk mengenkripsi data-data yang dikirim pada lalu lintas jaringan. Gunanya tentu saja untuk melindungi privasi data Anda.Anda dapat men-setup LAN wireless (WLAN) dengan menginstal semua yang diperlukan, contoh : IEEE 802.11.Sehingga dapat meminimalisir gangguan dari hacker maupun adanya kemungkinan tetangga ikut menggunakan fasilitas wireless kita.




sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar