Sabtu, 14 Januari 2012

Telematika 3


Tugas Telematika yang ketiga ini.. membahas tentang video streaming, teleconference dan teknologi grafik, animasi dan video.. silahkeun dibaca.. smoga bermanfaat..
oiya... ini tugas dari berbagai sumber yah... ma kasih untuk tautan2 yang udah kasih info mengenai tugas ini.. :D 


VIDEO STREAMING

Video  :  Suatu perangkat yang berfungsi sebagai penerima gambar dan suara.

Streaming  :  sebuah teknologi untuk memainkan  file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server).

Video streaming adalah sebuah teknologi komunikasi untuk melihat suatu informasi atau berita atau gambar secara audio visual melalu suatu jaringan internet.  Dengan adanya streaming user dapat mendengar dan melihat sebuah tayangan secara langsung tanpa harus mendownload video tersebut.
Teknologi streaming yang berkembang adalah audio streaming dan radio streaming.  Banyak media yang menyedia internet yang menyediakan applikasi streaming seperti youtube, miho.tv, radio streaming (genFM, seoulfm, jakfm) dan lain sebagainya. Saat file video atau audio di stream, akan berbentuk sebuah buffer di komputer client, dan data video - audio tersebut akan bulai di download ke dalam buffer yang telah terbentuk pada mesin client. Dalam waktu sepersekian detik, buffer telah terisi penuh dan secara otomatis file videoaudio dijalankan oleh sistem. Sistem akan membaca informasi dari buffer dan tetap melakukan proses download file, sehingga proses streaming tetap berlangsung.  Adapun yang membuat lambatnya video streaming adalah kecepatan waktu yang dibutuhkan untuk video buffer yang akan memungkinkan lebih banyak waktu daripada menonton video itu sendiri.

Cara kerja video
Data source (audio atau video) yang telah disimpan pada sebuah buffer yang berada pada memori komputer kemudian di –encode sesuai dengan format yang di inginkan. Dalam prose encode ini, user dapat mengkompresi data menjadi lebih kecil. Kemudian data yang telah di encode akan di stream ke user lain. User akan melakukan decode data dan menampilkan hasilnya ke layar user.



TELECONFERENCE

Teleconference adalah sebuah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telephone atau koneksi jaringan, dan  lokasi fisik orang tersebut berada ditempat yang berbeda. Pertemuan tersebut dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar serta berkomunikasi satu sama lain.

Deskripsi Alternatif :

Teleconference adalah komunikasi antara orang-orang (pihak-pihak) yang berjauhan meliputi komunikasi suara dan gambar.Teleconference satu diantara teknologi telekomunikasi yang menawarkan benyak manfaat dan kemudahan bagi orang yang mau menggunakannya.
Implementasi teleconference adalah dengan mengunakan teknologi ISDN dimana ISDN adalah jaringan yang menyediakan hubungan digital untuk mendukung seluruh telekomunikasi baik suara data maupun image, yang mana seluruh service tersebut diakses pelanggan. Layanan ISDN mempunyai dua tipe akses yaitu Basic Rate Acces (BRA) yang dapat mengakses (2B D) dan akses melalui Primary Rate Acces (PRA) yang dapat mengakses (30B D) dimana kanal B mempunnyai kecepatan akses 64 kbps dan kanal D 64 kbps atau 16 kbps tergantung pada tipe akses yang digunakan . Kanal D pada PRA untuk Signalling dan kanal B sebagai Sinyal informasi paket switch .Dari analisa dan implementasi ini didapat banyak manfaat dan keuntungan bagi yang

Cara kerja teleconference dapat menggunakan gan voice activation, continuous presence, atau gabungan dari keduanya.
Penggunaan lain seperti pada saat setiap peserta dalam sebuah panggilan teleconference kemungkinan diminta untuk dial-in ke sebuah lokasi sentral, baik yang telah ditetapkan, konferensi bebas pulsa nomor telepon, atau hanya ke nomor di dalam bisnis.
Dalam konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya,  juga berbagi aplikasi. Produk yang mendukung teleconference pertama melalui Internet adalah NetMeeting yang dikeluarkan oleh Microsoft.


TEKNOLOGI GRAFIK, ANIMASI DAN VIDEO

GRAFIK

Teknologi grafik computer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistic dan struktur abstrak.

Istilah grafik computer ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter, pembentukan desain model cockpit (boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi.

Komponen Dasar system grafik interaktif
1.       Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream dll
2.       Proses dan penyimpanan
3.       Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor dll


Sejarah Perkembangan Komputer Grafik

·         Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
·         1961       :  Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi
                   Grafik Komputer.
·         1963       :   - ditermukan Sutherland (MIT)
                                    - Sketchpad (manipulasi langsung,CAD)
- Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
- Mouse oleh Douglas Englebert
·         1968       :  ditemukan Evans & Sutherland.
·         1969       :  Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
·         1970       :  Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
·         1971       :  ditemukan Gouraud Shading,
·         1972       :  ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi
                    komputer.
·         1974       :  Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek,
·                            Hunger:Keyframe animation and morphing
·         1976       : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
·         1977       : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
·         1979       : Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
·         Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
·         1982       : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
·         1984       : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
·         1986       : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam
                  Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
·         1989       : Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
·         1995       : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama
·         Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
·         Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

Komputasi Bentuk Baru (1990 – 2003)

Multimedia adalah sinkronisasi teks dan grafik dengan suara dan video.

Hypermedia adalah multimedia dengan hypertextual link disebut juga Interactive Multimedia)

Digital Convergence adalah penggabungan televisi digital dan komputasi terdistribusi, konsumen elektronik: set-top computer (contoh Interactive TV, Video-On-Demand)

Internet dan perangkat pendukungnya

Komputasi Tertanam (Embedded) (perangkat pendukung informasi, Personal Digital Assistants)

Komputasi Ubiquitous/pervasive/invisible/nomadic, “active badges”a la Xerox PARC, dengan beratus-ratus peralatan pada tiap orang, adalah mimpi yang ingin diwujudkan.

Macam-Macam Teknologi Display
1.       Cathode Ray Tubes (CRT)
-          Display yang umum digunakan
-          Mengosongkan tabung kaca
-          Menggunakan voltase tinggi
-          Pemanasan elemen (filament)
-          Elektron ditarik ke kutub positif yang berfokus pada silinder
-          Pembelokan papan vertikal dan horizontal
-          Berkas cahaya membentur fosfor yang menyelimuti bagian atas tabung.

Contoh CRT digunakan untuk layar televise dan komputer

2.       Liquid Cristal Display (LCD)

LCDs adalah  molekul organik, organic molecules, berbentuk kristal, yang mencair pada keadaan panas. Anyaman kristal mempolarisasi cahaya pada 90º. LCD bereaksi sebagai katup cahaya, tidak mengeluarkan cahaya dan tergantung pada cahaya eksternal. source.

Contoh LCD laptop screen dan Game boy

3.       Plasma
Memiliki prinsip yang kurang lebih sama dengan lampu neon. Kapsul berisi gas yang digerakkan oleh medan listrik menghasilkan sinar UV. Sinar UV menggerakan phosphor dan phosphor menghasilkan beberapa warna.


ANIMASI

“animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” (Ibiz Fernandez McGraw-Hill/Osborn, Macromedia Flash animation & Cartooning : A creative Guide, California, 2002)

Berdasarkan arti harfiah, animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri

Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat

Kategori animasi computer yaitu
1.             Computer Assisted Animation
Animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi
2.             Computer Generated Animation
Animasi pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.


VIDEO

Video berasal dari bahasa latin yang artinya saya lihat.
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyak elektronik atau media digital. Applikasi umum dari sinyal video adalah televisi, applikasi yang dapat digunakan untuk video adalah saintifik, produksi dan keamanan.
Istilah video juga digunakan sebagai singkatan dari videotape, dan juga perekam video serta pemutar video.
Video analog adalah merekam video dengan menggunakan tape magnetic.
Video analog dibagi menjadi 3 yaitu menggunakan format encoding, format elektrik dan format kaset. Berikut contoh dari masing-masing macam jenis video analog :
a.       Format encoding
-          NTSC
-          PAL
-          SECAM
b.      Format elektrik
-          RF
-          Composite video
-          Component video
-          S-video
-          RGB
c.       Format Kaset
-          Ampex
-          VERA (BBC)
-          Betamax (Sony)
-          U-matic (Sony)
-          Betacam
-          Betacam SP
-          VHS (JVC)
-          S-VHS (JVC)
-          VHS-C (JVC)
-          Video 2000 (Philips)
-          8mm tape
-          Hi8
Video Digital adalah jenis system video recording yang bekerja menggunakan system digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya. Biasanya digital video direkam dalam tape kemudian di distribukan melalui optical disc, misalnya VCD atau DVD
Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan video digital adalah camcorder, yang fungsinya untuk merekam gambar-gambar video dan audio.
Video digital format kaset
-          D1 (Sony)
-          D2 (Sony)
-          D3
-          D4
-          D5
-          Digital Betacam (Sony)
-          Betacam IMX (Sony)
-          D-VHS (JVC)
-          DV
-          MiniDV
-          MicroMV
-          Digital8 (Sony)
Disk optik format penyimpanan:
-          DVD
-          Laserdisc
Video digital terpilih format encoding:
-          CCIR 601
-          MPEG-2
-          H.261
-          H.263
-          H.264
3 Aspek sinyal Video
1.       Representasi Visual
Tujuan utamanya adalah agar orang yang melihat merasa berada di scene (lokasi) atau ikut berpartisipasi dalam kejadian yang ditampilkan. Maka gambar harus dapat menyampaikan informasi spatial dan temporal dari suatu scene.
Vertical detail dan Viewing distance :
-          Aspek rasio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi yaitu 4:3
-          Tinggi gambar digunakan untuk menentukan jarak pandang dengan menghitung rasio viewing distance (D) dengan tinggi  gambar (H) -> D/H
-          Setiap detail image pada video ditampilkan dalam pixel-pixel
2.       Horizontal detail dan picture width
Lebar pada tv konvensional = 4/3 x tinggi gambar
3.       Total detail content
Resolusi vertical = jumlah elemen pada tinggi gambar
Resolusi horizontal = jumlah elemen pada lebar gambar x aspek rasio


Sumber


2 komentar:

  1. maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadrma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih

    BalasHapus
  2. "_"
    Terima kasih.
    tapi di blog saya sudah ada link kampus tercinta.. dan ada logo UG juga. tidakkah dirimu melihatnya ?? :)

    BalasHapus