Tugas Telematika yang ketiga ini.. membahas tentang video streaming, teleconference dan teknologi grafik, animasi dan video.. silahkeun dibaca.. smoga bermanfaat..
oiya... ini tugas dari berbagai sumber yah... ma kasih untuk tautan2 yang udah kasih info mengenai tugas ini.. :D
VIDEO STREAMING
Video : Suatu perangkat yang
berfungsi sebagai penerima gambar dan suara.
Streaming : sebuah teknologi untuk memainkan
file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari
sebuah mesin server (web server).
Video streaming adalah sebuah teknologi komunikasi untuk melihat suatu informasi
atau berita atau gambar secara audio visual melalu suatu jaringan internet. Dengan adanya streaming user dapat mendengar
dan melihat sebuah tayangan secara langsung tanpa harus mendownload video
tersebut.
Teknologi streaming yang berkembang adalah audio streaming dan radio streaming. Banyak media yang
menyedia internet yang menyediakan applikasi streaming seperti youtube,
miho.tv, radio streaming (genFM, seoulfm, jakfm) dan lain sebagainya. Saat file
video atau audio di stream, akan berbentuk sebuah buffer di komputer client,
dan data video - audio tersebut akan bulai di download ke dalam buffer yang
telah terbentuk pada mesin client. Dalam waktu sepersekian detik, buffer telah
terisi penuh dan secara otomatis file videoaudio dijalankan oleh sistem. Sistem
akan membaca informasi dari buffer dan tetap melakukan proses download file,
sehingga proses streaming tetap berlangsung. Adapun yang membuat lambatnya video streaming adalah kecepatan waktu yang dibutuhkan untuk video buffer yang
akan memungkinkan lebih banyak waktu daripada menonton video itu sendiri.
Cara kerja video
Data
source (audio atau video) yang telah disimpan pada sebuah buffer yang berada
pada memori komputer kemudian di –encode sesuai dengan format yang di inginkan.
Dalam prose encode ini, user dapat mengkompresi data menjadi lebih kecil.
Kemudian data yang telah di encode akan di stream ke user lain. User akan melakukan
decode data dan menampilkan hasilnya ke layar user.
TELECONFERENCE
Teleconference adalah sebuah pertemuan yang dilakukan oleh
dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telephone atau koneksi jaringan,
dan lokasi fisik orang tersebut berada ditempat yang berbeda.
Pertemuan tersebut dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan
video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat
dan mendengar serta berkomunikasi satu sama lain.
Deskripsi Alternatif :
Teleconference adalah komunikasi antara orang-orang (pihak-pihak) yang berjauhan meliputi komunikasi suara dan gambar.Teleconference satu diantara teknologi telekomunikasi yang menawarkan benyak manfaat dan kemudahan bagi orang yang mau menggunakannya.
Implementasi
teleconference adalah dengan mengunakan teknologi ISDN dimana ISDN adalah
jaringan yang menyediakan hubungan digital untuk mendukung seluruh
telekomunikasi baik suara data maupun image, yang mana seluruh service tersebut
diakses pelanggan. Layanan ISDN mempunyai dua tipe akses yaitu Basic Rate Acces
(BRA) yang dapat mengakses (2B D) dan akses melalui Primary Rate Acces (PRA)
yang dapat mengakses (30B D) dimana kanal B mempunnyai kecepatan akses 64 kbps
dan kanal D 64 kbps atau 16 kbps tergantung pada tipe akses yang digunakan .
Kanal D pada PRA untuk Signalling dan kanal B sebagai Sinyal informasi paket
switch .Dari analisa dan implementasi ini didapat banyak manfaat dan keuntungan
bagi yang
Cara kerja
teleconference dapat menggunakan gan voice activation, continuous presence,
atau gabungan dari keduanya.
Penggunaan lain
seperti pada saat setiap peserta dalam sebuah panggilan teleconference
kemungkinan diminta untuk dial-in ke sebuah lokasi sentral, baik yang telah
ditetapkan, konferensi bebas pulsa nomor telepon, atau hanya ke nomor di dalam
bisnis.
Dalam konferensi
juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai
kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Produk yang mendukung
teleconference pertama melalui Internet adalah NetMeeting yang dikeluarkan oleh
Microsoft.
TEKNOLOGI GRAFIK, ANIMASI DAN VIDEO
GRAFIK
Teknologi grafik computer adalah suatu proses
pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari
beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistic dan struktur abstrak.
Istilah grafik computer ditemukan pada tahun 1960 oleh William
Fetter, pembentukan desain model cockpit (boeing) dengan menggunakan pen
plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi.
Komponen Dasar system grafik interaktif
1.
Masukan :
mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream
dll
2.
Proses dan
penyimpanan
3.
Keluaran :
layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor dll
Sejarah
Perkembangan Komputer Grafik
·
Awal tahun
60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
·
1961 : Edward
Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi
Grafik Komputer.
·
1963 : -
ditermukan Sutherland (MIT)
-
Sketchpad (manipulasi langsung,CAD)
- Alat untuk menampilkan
Calligraphic (vector)
- Mouse oleh Douglas Englebert
·
1968 : ditemukan
Evans & Sutherland.
·
1969 : Journal
SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
·
1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
·
1971 : ditemukan
Gouraud Shading,
·
1972 : ditayangkannya
filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi
komputer.
·
1974 : Ed
Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek,
·
Hunger:Keyframe animation and morphing
·
1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan
bump mapping.
·
1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan
grafik komputer
·
1979 : Turner Whitted mengembangkan algoritma
ray tracing,untuk pesawat Death Star.
·
Pertengahan
tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai
main-stream aplikasi realtime.
·
1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer
untuk menampilkan partikel.
·
1984 : Grafik Komputer digunakan untuk
menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
·
1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi
grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam
Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
·
1989 : Film Tin Toy (Pixar) memenangkan
Academy Award.
·
1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan
Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama
·
Akhir tahun
90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan
kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon
maps, dll.
·
Tahun 2000
ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.
Komputasi
Bentuk Baru (1990 – 2003)
Multimedia adalah sinkronisasi teks dan grafik dengan suara dan
video.
Hypermedia adalah multimedia dengan hypertextual link disebut juga
Interactive Multimedia)
Digital Convergence adalah penggabungan televisi digital dan
komputasi terdistribusi, konsumen elektronik: set-top computer (contoh
Interactive TV, Video-On-Demand)
Internet dan perangkat pendukungnya
Komputasi Tertanam (Embedded) (perangkat pendukung informasi,
Personal Digital Assistants)
Komputasi Ubiquitous/pervasive/invisible/nomadic, “active badges”a
la Xerox PARC, dengan beratus-ratus peralatan pada tiap orang, adalah mimpi
yang ingin diwujudkan.
Macam-Macam
Teknologi Display
1. Cathode Ray Tubes (CRT)
-
Display yang
umum digunakan
-
Mengosongkan
tabung kaca
-
Menggunakan
voltase tinggi
-
Pemanasan
elemen (filament)
-
Elektron
ditarik ke kutub positif yang berfokus pada silinder
-
Pembelokan
papan vertikal dan horizontal
-
Berkas
cahaya membentur fosfor yang menyelimuti bagian atas tabung.
Contoh CRT digunakan untuk layar televise dan komputer
2. Liquid Cristal Display (LCD)
LCDs adalah molekul organik, organic molecules, berbentuk
kristal, yang mencair pada keadaan panas. Anyaman kristal mempolarisasi cahaya
pada 90º. LCD bereaksi sebagai katup cahaya, tidak mengeluarkan cahaya dan
tergantung pada cahaya eksternal. source.
Contoh LCD
laptop screen dan Game boy
3. Plasma
Memiliki prinsip yang kurang lebih sama dengan lampu neon. Kapsul
berisi gas yang digerakkan oleh medan listrik menghasilkan sinar UV. Sinar UV
menggerakan phosphor dan phosphor menghasilkan beberapa warna.
ANIMASI
“animation is the process of recording and
playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion”
(Ibiz Fernandez McGraw-Hill/Osborn, Macromedia
Flash animation & Cartooning : A creative Guide, California, 2002)
Berdasarkan
arti harfiah, animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakan
sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri
Pada awal
penemuannya, film animasi dibuat dari
berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga
muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer
dan grafika komputer, pembuatan film animasi
menjadi sangat mudah dan cepat
Kategori animasi computer yaitu
1.
Computer Assisted Animation
Animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2
dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan
gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera
dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi
2.
Computer Generated Animation
Animasi pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3
dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
VIDEO
Video berasal dari bahasa latin
yang artinya saya lihat.
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses,
mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film
seluloid, sinyak elektronik atau media digital. Applikasi umum dari sinyal
video adalah televisi, applikasi yang dapat digunakan untuk video adalah
saintifik, produksi dan keamanan.
Istilah video juga
digunakan sebagai singkatan dari videotape,
dan juga perekam video
serta pemutar video.
Video analog adalah
merekam video dengan menggunakan tape magnetic.
Video analog dibagi
menjadi 3 yaitu menggunakan format encoding, format elektrik dan format kaset.
Berikut contoh dari masing-masing macam jenis video analog :
a. Format
encoding
-
NTSC
-
PAL
-
SECAM
b. Format
elektrik
-
RF
-
Composite video
-
Component video
-
S-video
-
RGB
c. Format
Kaset
-
Ampex
-
VERA (BBC)
-
Betamax (Sony)
-
U-matic (Sony)
-
Betacam
-
Betacam SP
-
8mm tape
-
Hi8
Video
Digital adalah jenis system video recording
yang bekerja menggunakan system digital dibandingkan dengan analog dalam hal
representasi videonya. Biasanya digital video direkam dalam tape kemudian di
distribukan melalui optical disc, misalnya VCD atau DVD
Salah satu alat yang
dapat digunakan untuk menghasilkan video digital adalah camcorder, yang
fungsinya untuk merekam gambar-gambar video dan audio.
Video digital
format kaset
-
D3
-
D4
-
D5
-
DV
-
MiniDV
-
MicroMV
Disk optik
format penyimpanan:
-
DVD
Video digital
terpilih format encoding:
-
CCIR 601
-
MPEG-2
-
H.261
-
H.263
-
H.264
3
Aspek sinyal Video
1. Representasi
Visual
Tujuan
utamanya adalah agar orang yang melihat merasa berada di scene (lokasi) atau
ikut berpartisipasi dalam kejadian yang ditampilkan. Maka gambar harus dapat
menyampaikan informasi spatial dan temporal dari suatu scene.
Vertical
detail dan Viewing distance :
-
Aspek rasio adalah perbandingan antara
lebar dan tinggi yaitu 4:3
-
Tinggi gambar digunakan untuk
menentukan jarak pandang dengan menghitung rasio viewing distance (D) dengan
tinggi gambar (H) -> D/H
-
Setiap detail image pada video
ditampilkan dalam pixel-pixel
2. Horizontal
detail dan picture width
Lebar
pada tv konvensional = 4/3 x tinggi gambar
3. Total
detail content
Resolusi
vertical = jumlah elemen pada tinggi gambar
Resolusi
horizontal = jumlah elemen pada lebar gambar x aspek rasio
Sumber
maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadrma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih
BalasHapus"_"
BalasHapusTerima kasih.
tapi di blog saya sudah ada link kampus tercinta.. dan ada logo UG juga. tidakkah dirimu melihatnya ?? :)