Rabu, 17 Maret 2010

Sistem Operasi Dalam Memanage Sistem Komputer Mengacu pada











Disusun Oleh : 

1. ALI IDHAM ACBAR / 12108406 
2. HAPPY GEMELI QUANUARI / 10108910 

3. ANTONY RIPASSA / 10108273













UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
2010








PENDAHULUAN


Definisi Control Panel adalah bagian dari sistem operasi Microsoft Windows yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi dasar sistem pengaturan dan kontrol melalui applet, seperti menambahkan hardware, menambahkan dan menghapus perangkat lunak, mengendalikan pengguna account, aksesibilitas mengubah pilihan, melakukan konfigurasi, personalisasi, kustomisasi, tweak, setting dari sistem operasi dapat dilihat ditetapkan, diubah, atau didefinisikan. 

Manfaat dan keuntungan dari tindakan dan tugas yang tersedia untuk setiap modul dalam Panel Kontrol adalah bahwa pengguna Windows cepat dan langsung memiliki akses ke berbagai fungsi untuk mengubah dan menyesuaikan sistem operasi 

PEMBAHASAN

Sejak peluncuran versi pertama sistem operasi berbasis jendela, fitur dan pengendalian kekuatan dari Control Panel juga datang melalui perjalanan panjang, tidak hanya dalam hal fungsi tetapi juga tampilan control panel tersebut. Di windows XP dan Vista ada dua jenis tampilan panel kontrol panel kontrol satu rumah dan lainnya adalah pandangan klasik. Perbedaan utama antara mereka adalah Interface; pandangan klasik dijabarkan dalam tampilan di mana anda dapat melihat berbagai pilihan yang tersedia di bawah satu judul dan kita dapat melihat semua pilihan yang ada sama sekali. Di control panel tampilan rumah, kita tidak dapat melihat semua pilihan namun mereka bersama-sama dikelompokkan.

Sedangkan Control Panel di Microsoft Windows 7 adalah lokasi pusat untuk semua konfigurasi sistem operasi yang anda butuhkan. Di sana, anda akan menemukan 45 individu alat yang akan memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi dan mengontrol hampir semua aspek dari Windows 7. 

Ketika anda memulai, anda akan menemukan bahwa tampilan default untuk Control Panel adalah Kategori pandangan dan bahwa ada 8 kategori. anda dapat menampilkan Control Panel dalam baik yang besar atau tampilan ikon kecil, tapi menunjukkan ikon pilihan baik untuk masing-masing dari 45 alat. Karena Control Panel memiliki begitu banyak tool, Microsoft menambahkan kotak Pencarian untuk memudahkan bagi anda untuk menemukan alat yang anda perlukan untuk tugas tertentu. Kemungkinan, lebih sering daripada tidak, anda akan ingin menggunakan kotak pencarian bila anda harus mencari alat tertentu. 

Untuk membantu anda mengetahui dengan jelas akan fungsi semua alat yang tersedia di Windows 7 Control Panel, Kami akan mencoba untuk menjelaskan fungsi-fungsi alat-alat yang ada pada Control Panel Windows 7, di mana kami akan menunjukkan anda setiap alat di masing-masing kategori Control Panel. Kami akan memberi anda gambaran singkat mengenai apa yang masing-masing alat tersebut. 

Jadi yang dapat dilakukan oleh sebuah sistem operasi khususnya disini adalah Windows 7 untuk memanage/mengatur sebuah sistem computer semuanya dilakukan melalui sebuah program aplikasi Control Panel. Dan untuk lebih membantu anda memahami fungsi-fungsi dari alat-alat yang ada dalam Control Panel, berikut ini kami akan coba jelaskan secara rinci satu persatu dan juga untuk menjadi terbiasa dengan semua alat di Control Panel Windows 7, masing-masing kategori berisi diagram pohon yang menunjukkan Struktur peralatan yang disajikan.


Pembagian Kategori Dalam Control Panel 


* Kategori System and Security 

Sistem dan Keamanan kategori ini adalah yang pertama di Control Panel dan berisi semua alat yang akan anda gunakan untuk melakukan sistem, administrasi, dan tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan.



* Kategori Jaringan dan Internet

Jaringan dan Internet kategori ini adalah yang kedua di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk memeriksa status jaringan, mengubah pengaturan, tetapkan preferensi untuk berbagi file dan komputer, mengkonfigurasi sambungan Internet, dan banyak lagi.


* Kategori Hardware dan Sound

Perangkat Keras dan Suara kategori ini adalah yang ketiga dalam Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menambah dan menghapus printer dan perangkat keras lain, sistem perubahan suara, AutoPlay mengkonfigurasi, mengelola kekuasaan, dan update driver, 


* Kategori Program

Program kategori yang keempat di Control Panel dan berisi semua alat yang akan anda gunakan untuk meng-uninstall program atau fitur Windows, mengelola gadget, dan banyak lagi.


* Kategori User Account and Family Safety

User Account dan Keluarga Keselamatan kategori ini adalah kelima satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah pengaturan account pengguna dan password, kontrol orangtua mengatur, mengelola identitasnya, dan banyak lagi.


* Kategori Penampilan dan Personalisasi

Penampakan dan Personalisasi keenam kategori ini adalah satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tampilan desktop item, menerapkan berbagai tema desktop dan screen saver, menyesuaikan menu Start atau Taskbar, dan banyak lagi.


* Kategori Clock, Language, dan Daerah

Jam, Bahasa, dan Daerah ketujuh kategori ini adalah satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tanggal, waktu, bahasa, angka, mata uang, dan banyak lagi.

  * Kategori Kemudahan Akses
Kemudahan Akses pada kategori ini adalah delapan satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menyesuaikan pengaturan komputer anda untuk penglihatan, pendengaran, dan mobilitas serta mengkonfigurasi pengenalan suara untuk mengontrol komputer anda dengan perintah suara



Ø     SYSTEM AND SECURITY

Ketika anda membuka kategori Sistem and Security,  anda akan melihat bahwa terdapat 8 alat dalam kategori ini.

Berikut ini penjelasannya : 

- Action Center 

Action Center adalah fitur baru di Windows 7 Control Panel yang memeriksa keamanan dan pemeliharaan yang berhubungan dengan item yang menunjukkan kinerja komputer anda. Jika terjadi masalah dengan item yang dipantau, seperti jika database virus dari tanggal, pesan akan muncul di area pemberitahuan Taskbar dan yang terkena item Action Center dalam menampilkan pesan kode warna yang mencerminkan tingkat keparahan masalah bersama-sama dengan direkomendasikan tindakan pemulihan. 
Seperti yang anda lihat ada dua bagian diperluas di jendela utama: Keamanan dan Pemeliharaan. 

· Action Center - Security 

Bagian Keamanan ini berisi informasi status tentang Firewall, Windows Update, Virus protection, Spyware perlindungan, Internet Security Settings, User Account Control, dan Network Access Protection (NAP). 

· Action Center - Maintenance

Bagian Maintenance ini berisi informasi status tentang masalah laporan, Windows Backup, Windows Update dan fitur Pemecahan Masalah.

Dari dalam Action Center, anda dapat mengakses Windows 7 Platform Mengatasi masalah baru, yang merupakan extensible komprehensif dan alat yang mampu mengidentifikasi dan memecahkan beragam masalah. (The Troubleshooting Platform adalah alat yang sangat rinci berdasarkan koleksi PowerShell script dengan diagnostik canggih, seorang penyihir antarmuka, dan dapat dikonfigurasi melalui Group Policy. Karena itu, saya pasti akan meliputi alat ini secara lebih rinci dalam artikel mendatang.) 

Dari dalam Action Center, anda dapat mengakses fitur Recovery Sistem. Klik tombol Open Pemulihan Sistem untuk memulai wizard Recovery Sistem. 

Dari dalam jendela Recovery, anda dapat mengakses Advanced Recovery Metode, yang memungkinkan anda bisa menggunakan sebuah disk image untuk mengembalikan sistem anda atau untuk menginstal ulang Windows. 

Kembali ke Action Center, anda dapat mengakses Pusat Aksi Perubahan Pengaturan dan pesan anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan dan mengubah bagaimana solusi untuk setiap masalah-masalah yang muncul. 

Dan dari dalam Action Center, anda dapat mengakses Pesan Archived jendela. Jika anda telah menggunakan fitur laporan masalah untuk melaporkan masalah ke Microsoft, pesan tersebut akan muncul dalam Arsip Pesan jendela. 

Dari dalam Action Center, anda juga dapat mengakses Ubah Pengaturan User Account Control kontrol dan menyesuaikan tingkat di mana User Account Control akan memerlukan hak administrator atau tingkat sebelum ada perubahan ke sistem. Serta Dari dalam Action Center, anda dapat mengakses dan melihat Kinerja Informasi, yang menyoroti sistem anda Window Pengalaman Indeks rating. Dari dalam Performance Information, anda dapat mengakses kotak dialog Opsi Kinerja di mana anda dapat menyesuaikan kinerja dengan mengubah banyak pengaturan tampilan. (anda juga dapat menyesuaikan sumber daya prosesor dan memori virtual pada tab Advanced dan mengubah pengaturan Pencegahan Eksekusi Data.) anda juga dapat mengakses kotak dialog Opsi Pengindeksan di mana anda dapat menyesuaikan indeks pencarian Windows untuk meningkatkan efisiensi pencarian. Dari dalam Performance Information , anda juga dapat meluncurkan utilitas Pembersihan Disk dan anda juga dapat membuka Advanced Tools dan akses keseluruhan utilitas di sini.

- Windows Firewall

Kembali di Sistem dan Keamanan jendela, anda dapat mengakses alat Windows Firewall di mana anda dapat melihat status dan mengatur bagaimana sistem operasi built-in firewall bekerja. Dari dalam Windows Firewall perangkat ini, anda dapat memperbolehkan atau melarang program dari mengirim informasi ke atau dari komputer anda melalui firewall. Dan juga anda dapat memblokir semua koneksi masuk, mengubah pengaturan pemberitahuan atau menonaktifkan firewall. 

Jika setelah anda membuat perubahan pada Windows Firewall setting anda memutuskan untuk melawan mereka, anda dapat dengan mudah mengembalikan semua pengaturan ke nilai standar. Dari dalam Windows Firewall perangkat ini pula, anda dapat mengakses pengaturan keamanan Lanjutan di mana anda dapat fine tune Windows Firewall pada tingkat jauh lebih rinci.

- System

Dari dalam jendela Sistem, anda dapat mengakses Device Manager, yang memungkinkan anda untuk melihat dan mengendalikan semua perangkat keras yang terpasang di computer anda. 

Dan dari dalam jendela Sistem, anda juga dapat mengakses tab Remote pada kotak dialog Properti Sistem dan mengkonfigurasi sistem anda akses remote. Dengan setting pada tab ini serupa dengan yang di tab Remote di Windows XP. anda juga dapat mengakses tab System Protection System Properties dan mengkonfigurasi kotak dialog System Restore.


- Windows Update

Kembali di jendela Sistem dan Security, anda dapat mengakses alat Pembaruan Windows di mana anda dapat melihat status dari update sistem operasi. Dari dalam perangkat Pembaruan Windows, anda dapat secara manual memeriksa update baru kapan saja yang anda inginkan. Dari dalam perangkat Pembaruan Windows, anda dapat mengkonfigurasi kapan dan bagaimana anda ingin update terjadi. Dari dalam perangkat Pembaruan Windows, anda dapat melihat semua pembaruan yang telah terinstal di sistem anda dan anda dapat melihat ketika mereka diinstal. Dari dalam perangkat Pembaruan Windows, anda dapat memulihkan pembaruan tersembunyi, yang merupakan pembaruan yang anda meminta Windows tidak menginstal atau memberitahu anda tentang hal tersebut.


- Power Options

Lalu pada jendela Sistem dan Security, anda dapat mengakses jendela Power Options, di mana anda dapat memilih rencana kekuatan yang sudah tetapkan, yang merupakan kumpulan perangkat keras dan pengaturan sistem yang mengatur bagaimana komputer anda menggunakan power atau daya listrik. Dan dari dalam jendela Power Options, anda dapat mengkonfigurasi bagaimana tombol power karya maupun sebagai menentukan bahwa password diperlukan ketika anda membangun komputer anda Kemudian dalam jendela Power Options, anda dapat menentukan rencana kekuatan dengan memilih pilihan dari kumpulan perangkat keras dan pengaturan sistem yang mengatur bagaimana komputer anda menggunakan power atau daya listrik.


- Backup and Restore

Kembali di jendela Sistem dan Security, anda dapat mengakses Backup dan Restore jendela di mana anda dapat mengkonfigurasi, jadwal, dan meluncurkan operasi cadangan serta memulai operasi restore. Dari dalam jendela Backup dan Restore, anda dapat membuat gambar sistem, yang merupakan duplikat yang sama persis dengan isi drive. Dari dalam jendela Backup dan Restore, anda dapat membuat perbaikan disk, yang merupakan bootable CD / DVD yang berisi Windows System Recovery Tools.


- Bitlocker Drive Encryption

Kembali pada jendela Sistem dan Security, anda dapat mengakses alat Bitlocker Drive Encryption, dan mengenkripsi seluruh drive. Ini akan memblokir hacker mengakses file sistem dan menemukan sandi atau mengakses drive anda setelah melepas dan memasangnya di komputer yang berbeda.


- Administrative Tools

Kembali di jendela Sistem dan Secuyti, anda dapat mengakses Administrative Tools folder, yang berisi alat untuk administrator sistem dan pengguna yang mahir. Alat-alat dalam folder mungkin bervariasi tergantung pada versi Windows yang anda gunakan.

Diagram pohon ini menyajikan struktur System and Security :





Ø     NETWORK AND INTERNET

Ketika anda membuka Jaringan dan Internet kategori dimana anda akan melihat bahwa ada 3 alat dalam kategori ini.



Berikut ini penjelasannya:


Network and Sharing Center

Network and Sharing Center pada dasarnya adalah jantung dari kategori Jaringan dan Internet dan berisi sebagian besar kontrol yang akan anda gunakan secara teratur. Jika anda terhubung ke wireless network (jaringan nirkabel), anda akan melihat informasi yang berhubungan dengan wireless network dan pilihan tambahan untuk mengelola wireless network.

Ketika anda mengklik see full map, anda akan melihat peta jaringan anda, yang merupakan tampilan grafis dari komputer dan perangkat di jaringan anda yang menunjukkan cara mereka terhubung.

Ketika anda mengklik Home Network, anda akan melihat jendela Set Lokasi Jaringan tempat anda dapat mengubah jenis jaringan yang anda tersambung. Memilih lokasi yang berbeda secara otomatis set firewall yang sesuai dan pengaturan keamanan untuk jenis jaringan yang anda pilih.

Bila anda pilih Set up a new connection, atau jaringan, anda akan mengakses Set Up a Connection atau Network wizard di mana anda dapat mengkonfigurasi berbagai jenis koneksi jaringan. Dan bila anda memilih sambungan ke jaringan anda akan baik menyambung kembali ke jaringan anda (jika anda telah terputus) atau anda akan melihat sedang tersambung ke jendela.

Bila anda memilih Troubleshoot masalah, anda akan mengakses masalah yang terjadi pada Jaringan dan Internet, yang merupakan bagian dari Windows 7 Mengatasi masalah baru Platform, dan dirancang untuk membantu anda memecahkan berbagai masalah jaringan di PC anda.

Bila anda pilih Ubah Adapter Pengaturan, anda akan melihat jendela Sambungan Jaringan, yang menampilkan adapter di sistem anda. anda dapat memilih salah satu pilihan pada toolbar atau double klik pada adaptor untuk melihat statusnya.

Bila anda pilih Ubah Berbagi Advanced Pengaturan, anda dapat mengubah pilihan berbagi untuk jaringan yang berbeda profil yang telah anda tetapkan. Seperti yang anda lihat, dalam contoh, ada dua profil: satu untuk Home dan satu lagi Work dan satu lagi untuk Publik.

Jika anda membuka Work Home atau profil, anda akan menemukan berbagai macam pengaturan yang akan memungkinkan anda untuk mengontrol dan mengkonfigurasi bagaimana dan apa sistem anda saham di jaringan ini. Profil Umum pengaturan serupa.

Home Group

Kembali ke jendela Network dan Internet, anda dapat mengakses alat HomeGroup, di mana anda dapat memilih libraries dan printer anda jika ingin berbagi dengan orang lain dalam homegroup.

Ketika anda membuat HomeGroup, ini dilindungi oleh password Windows 7 yang lain jika komputer akan digunakan untuk bergabung dengan HomeGroup. Dari jendela ini, anda akan dapat melihat dan mencetak password /sandi HomeGroup. Dan anda dapat mengubah password HomeGroup jika anda inginkan. Jika anda memutuskan bahwa anda tidak lagi ingin menjadi anggota HomeGroup, anda dapat meninggalkan situs ini. Setelah anda meninggalkan HomeGroup, anda tidak akan lagi dapat mengakses file dan printer dalam HomeGroup. Jika anda mengalami masalah dengan HomeGroup anda, anda dapat memulai dan menggunakan Masalah HomeGroup untuk mendiagnosis masalah.


Internet Options

Kembali ke jendela Network dan Internet, anda dapat mengakses kotak dialog Internet Options, yang bekerja seperti yang ada di Windows XP dan Windows Vista. Disini anda dapat memilih dan mengatur opsi yang sesuai anda inginkan.


Diagram pohon ini menyajikan struktur penyusuran Jaringan dan Internet




Ø  HARDWARE AND SOUND


Ketika anda membuka kategori Hardware and Sound dimana anda akan melihat bahwa terdapat 5 bagian dalam kategori ini.


Devices and Printers 

Ketika anda mengakses Devices dan Printers anda akan melihat semua perangkat dan printer yang terpasang pada sistem Windows 7 anda. Jika anda ingin secara manual menambahkan perangkat, klik Tambah Device dan anda akan melihat sebuah wizard yang akan memandu anda melalui langkah-langkah untuk menambahkan perangkat ke Windows 7. Jika anda ingin secara manual menambahkan printer, klik Add Printer dan anda akan melihat sebuah wizard yang akan memandu anda melalui langkah-langkah untuk menambahkan baik lokal atau sebuah printer jaringan ke Windows 7. 

Kembali ke Hardware and Sound Devices dan jendela di bawah Printer anda dapat mengakses kotak dialog Mouse Properties, seperti yang anda lihat tampak dan bekerja sama seperti dalam versi Windows sebelumnya. 

Juga pada Hardware and Sound Devices dan jendela di bawah Printers anda dapat mengakses Device Manager, yang juga terlihat dan berfungsi sama seperti dalam versi sebelumnya dari Windows. 

AutoPlay 

Bagian selanjutnya dalam jendela Hardware and Sound adalah AutoPlay, yang memberikan anda kemampuan untuk memilih aplikasi apa untuk memulai ketika anda memasukkan atau menghubungkan berbagai jenis removable media atau perangkat multimedia. 

Sound 

Bagian selanjutnya dalam jendela Hardware dan Sound adalah Sound, yang menyediakan akses ke kotak dialog Sound. Seperti anda dapat melihat tiga tab berisi item konfigurasi sementara tab Komunikasi baru dan memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi bagaimana Windows mengatur volume perangkat bila anda menggunakan sistem anda untuk panggilan telepon. 

Power Options 

Bagian selanjutnya dalam jendela Hardware and Sound adalah Power Options, yang juga tersedia dalam kategori Sistem dan Keamanan. Pilihan Power telah dibahas dalam galeri Sistem dan Keamanan Control Panel. 

Display 

Bagian selanjutnya dalam jendela Hardware dan Suara adalah Display dan pada jendela awal memungkinkan anda untuk mengubah ukuran teks dan item lainnya pada layar anda untuk membuat mereka lebih mudah untuk dibaca. 

Dari jendela tampilan dalam, anda dapat mengatur Resolusi dan Perubahan Display mengakses jendela Settings Screen Resolution dengan kontrol yang dapat anda gunakan untuk mengubah tampilan layar. 

Dalam Menggunakan perangkat Manajemen Warna , anda dapat menyesuaikan pengaturan untuk memastikan bahwa konten yang diterjemahkan warna sejelas mungkin pada semua perangkat tampilan seperti monitor dan printer. Di samping menggunakan Manajemen Warna perangkat ini, anda dapat memilih kalibrasi warna dari jendela Display dan meluncurkan Kalibrasi Warna Tampilan wizard, yang akan memungkinkan anda untuk menyesuaikan warna pada monitor dan untuk memastikan bahwa mereka diwakili seakurat mungkin. Dari dalam jendela Display, anda dapat mengakses Teks ClearType Tuner, yang merupakan wizard yang menuntun anda melalui teks ClearType menyesuaikan pengaturan untuk meningkatkan keterbacaan teks pada monitor LCD. Juga pada jendela Display, anda dapat mengakses dan menggunakan pengaturan pada Custom DPI kotak dialog Pengaturan untuk benjolan hingga ukuran teks dan elemen grafis lainnya, seperti ikon, sehingga mereka lebih sesuai DPI asli pada monitor LCD.

Diagram pohon ini menyajikan struktur  Perangkat Keras dan Suara :



 Ø PROGRAMS 

Ketika anda membuka Program kategori yang anda akan melihat bahwa ada 3 bagian dalam kategori ini.


Penjelasannya sebagai berikut : 

Programs and Features 

Ketika anda mengakses Program dan Fitur, anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang terinstal pada sistem Windows 7 termasuk tanggal yang mereka diinstal. anda juga dapat menghapus aplikasi yang ada didalamnya. 

Jika anda pilih View Installed Updates, anda akan melihat daftar semua pembaruan bahwa Windows Update telah terinstal di sistem anda. anda juga dapat menghapus update. 

Jika anda memilih Aktifkan atau menonaktifkan fitur Windows, anda akan melihat daftar pohon diperluas menampilkan semua fitur yang tersedia pada Windows 7. anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur dengan memilih atau membersihkan kotak centang yang terkait. Sistem Windows 7 memungkinkan anda untuk menonaktifkan fitur tersebut seperti Internet Explorer, Windows Media Player, atau Windows find dan menggunakan alternatif dari pihak ketiga. 

Default Programs 

Ketika anda memilih Program Default item dalam jendela Program, anda akan memiliki akses ke empat item yang dapat anda gunakan untuk mengatur bagaimana program-program anda bekerja. 

Fitur dalam jendela ini anda dapat menentukan program mana yang akan menjadi program default bahwa Windows akan berjalan bila anda memilih jenis file tertentu. anda kemudian dapat mengasosiasikan semua file program dengan tipe atau hanya memilih jenis file tertentu. 

Jika anda memilih Pilih default untuk program ini, anda dapat memilih jenis file secara individual asosiasi dari jendela ini. 

anda juga dapat menggunakan pengaturan pada Program Set Default Komputer Akses dan jendela untuk fine tune lebih lanjut program default yang digunakan untuk kegiatan tertentu, seperti browsing web, mengirim e-mail, memainkan file audio dan video, menggunakan pesan instan, dan menjalankan applet Java. 

Desktop Gadgets 

Seperti yang anda ketahui, Windows 7 tidak memiliki wadah untuk Windows Sidebar Gadget. Dengan demikian, anda dapat mengakses antarmuka pengguna Gadget dari dalam jendela kategori Program.

Diagram pohon ini menyajikan struktur Program :



    

Ø USER ACCOUNTS AND FAMILY SAFETY 

Ketika anda membuka kategori Account Pengguna dan Keselamatan Keluarga, dimana anda akan melihat bahwa ada empat bagian dalam kategori ini.





Berikut ini penjelasannya : 



User Accounts

Ketika anda mengakses jendela User Account (Account Pengguna), anda akan melihat account anda dan sejumlah kontrol untuk membuat perubahan dan account lainnya. Dimana dalam jendela User Account ini anda dapat membuat Sebuah atau beberapa account dalam 1 PC, dan dalam pembuatan account tsb anda dapat menentukan profil didalamnya yaitu Nama Account, memberikan Password dan Gambar Account, dan anda dpat juga menentukan type account tsb sebagai type Admin atau Standard account anda juga dapat mengubahnya setiap saat sesuai keinginan anda dan juga anda dapat memanage account standard dan account Guess/tamu denga menggunakan account Administrator dan masih banyak lainnya yang dapat di manage dalam jendela User Account ini.

Parental Controls

Jika anda mempunyai anak yang menggunakan komputer keluarga, anda dapat menggunakan Parental Kontrol untuk mengatur bagaimana anak-anak anda menggunakan komputer. Sebagai contoh, anda dapat menerapkan batas waktu, menggunakan peringkat untuk memilih permainan, atau memblokir program tertentu. anda bahkan dapat memilih Sistem Peringkat Game, yang dibentuk oleh berbagai permainan Tinjauan Boards, yang ingin anda gunakan untuk anak-anak anda.


Windows CardSpace

Seperti yang anda ketahui, Windows CardSpace adalah sebuah sistem yang dikembangkan Microsoft untuk memungkinkan anda untuk membangun hubungan dengan situs Web dan layanan online lainnya dan berbagi informasi rinci sekaligus melindungi identitas anda. Dari dalam jendela user accounts and family safety, anda dapat menambah, mengakses, dan mengelola informasi kartu.

Credential Manager

Dari dalam dan Keluarga Account Pengguna jendela Keselamatan anda dapat mengakses Credential Manager, yang dirancang untuk memungkinkan anda untuk mengelola mandat anda, seperti nama pengguna dan sandi yang anda gunakan untuk log on ke situs Web atau komputer lain di dalam sebuah jaringan, yang disimpan dalam folder khusus yang disebut kubah.

Email

Pada Jendela Email ini anda dapat membuat dan mengatur profil yang berguna untuk soal transaksi pengiriman dan penerimaan email di PC anda dan juga dihubungkan pada Microsoft outlook dalam jaringan internet anda. 







Diagram pohon ini menyajikan struktur  User Account and Family Safety :





Ketika anda membuka kategori Personalisasi dan Penampilan, dimana anda akan melihat bahwa ada tujuh bagian dalam kategori ini.




Berikut ini penjelasannya : 

(Sebelumnya Perlu diketahui bahwa dari tujuh bagian, tiga dapat diakses di kategori yang lain: Tampilan tersedia dalam kategori Hardware and Sound, Gadget Desktop tersedia dalam Program, dan Access Center Kemudahan tersedia dalam Kemudahan Akses. Dengan demikian Kami tidak akan membahasnya lagi di sini.)

Personalization 

Bila anda mengakses halaman Personalisasi, anda akan menemukan bahwa kontrol utama di sini memungkinkan anda untuk mengubah tema, yang terdiri dari latar belakang desktop, jendela warna, suara, dan screen saver. anda dapat memilih salah satu tema yang tersedia, download tema tambahan, atau menyimpan pengaturan arus sebagai tema baru pada tampilan layar desktop anda.

(Perlu diingat bahwa ketika anda dapat menyesuaikan Personalisasi dari halaman, itu mengakses pengaturan yang sama seperti yang tercakup dalam kategori Hardware and Sound galeri.)

Dari jendela Desktop Background, anda dapat memilih gambar yang tersedia atau pilih gambar anda sendiri akan digunakan untuk latar belakang. anda juga dapat memilih posisi gambar serta mengkonfigurasi gambar latar belakang untuk mengubah secara teratur seperti slide show.

Dari jendela Window Penampilan dan Warna, anda dapat memilih warna yang tersedia untuk digunakan untuk jendela perbatasan, menu Start, dan Taskbar. anda juga dapat mengkonfigurasi transparansi dan menyesuaikan tingkat warna.

Jika anda klik Advanced Penampilan Pengaturan, anda akan mengakses Window Warna dan Penampilan kotak dialog, yang berisi jenis kontrol ditemukan dalam versi sebelumnya dari Windows. Perlu diketahui bahwa pengaturan ini hanya berlaku untuk tema Dasar atau Kemudahan Akses tema.

Screen Saver Settings dialog box, yang bekerja seperti pada versi sebelumnya dari Windows, memungkinkan anda untuk mengubah screen saver dan menyesuaikan jumlah waktu bahwa sistem dalam keadaan idle sebelum mengaktifkan screen saver. Sayangnya, seperti pendahulunya, Windows 7 tidak menyediakan pengaturan untuk mengatur screen saver apapun kecuali Foto, yang tidak lagi mencakup fitur tema karena fakta bahwa Windows Photo Gallery bukanlah bagian dari sistem operasi.

Dan Untuk Penjelasan Display Dan Desktop Gadgets dalam kategori ini tidak saya jelaskan kembali karena sudah dijelaskan pada kategori sebelumnya dalam kategori Hardware dan Sound dan Programs.


Taskbar and Start Menu 

Bila anda memilih Taskbar dan Start Menu dari dalam Penampilan dan Personalisasi Kategori, anda akan melihat Taskbar dan Start Menu Properties kotak dialog dengan tab Taskbar dipilih. Bersama dengan beberapa pilihan lama, anda akan menemukan host pilihan baru, seperti kemampuan untuk memilih lokasi Taskbar atau mengubah cara kerja tombol Taskbar.

Ketika anda memilih tab Start Menu di Taskbar dan Start Menu Properties dialog box, anda dapat mengkonfigurasi baru dibuka apakah file atau program yang disimpan atau ditampilkan pada menu Start serta menyesuaikan menu Start.

Ketika anda mengklik tombol Customize, anda akan menemukan kemudahan mencari Customize Start Menu dialog box. Namun, anda akan menemukan banyak pilihan baru termasuk kemampuan untuk memilih jumlah item baru untuk ditampilkan di Langsung Daftar.

Dan untuk Jendela kategori Ease of Access Center dalam Appearance And Personalization ini akan dibahan lebih rinci pada Penjelasan Ease of Access nanti.


Folder Options 


Bila anda pilih Kategori Folder Options dari dalam Penampilan dan Personalisasi, anda akan melihat kotak dialog Folder Options dengan Jenderal, View dan Cari tab. Untuk sebagian besar, dengan setting pada tab ini adalah sama seperti mereka dalam versi sebelumnya sistem operasi Windows.


Fonts

Ketika anda mengakses jendela Font, anda akan melihat semua font yang terinstall pada sistem. Font dengan ikon pudar terinstal tapi tersembunyi dan tidak akan muncul dalam aplikasi yang memungkinkan anda untuk memilih font.

Bila anda memilih font Pengaturan dari dalam jendela Font, anda akan dapat memilih apakah akan menampilkan dan menyembunyikan font didasarkan pada pengaturan bahasa anda. anda juga dapat memilih bagaimana anda ingin font yang akan diinstal pada komputer anda.

Ketika anda klik Get More Huruf Informasi Online, anda akan meluncurkan browser dan anda akan dibawa ke Font untuk Windows halaman di situs Web Microsoft di mana anda akan menemukan segala macam informasi tentang font dan tipografi. Dan anda dapat memilih dan mendownload file font yang anda inginkan.

Ketika anda mengklik Cari Karakter, anda akan mengakses Peta Karakter, yang pada dasarnya tidak berubah selama bertahun-tahun, sama saja seperti versi-versi sebelumnya. Yaitu untuk menampilkan karakter-karakter font pada sistem komputer anda, yang dapat dimunculkan pada program aplikasi Ms.office dan lain-lain.



Diagram pohon ini menyajikan struktur Appearance and Personalization :

































Ø 
CLOCK, LANGUAGE, AND REGION 

















Ketika anda membuka Clock, Language, dan Daerah kategori dimana anda akan melihat bahwa ada dua seksi pada kategori ini.






































Penjelasannya sebagai berikut : 







Date and Time 







Bila anda memilih jendela Tanggal dan Waktu, anda akan melihat kotak dialog ini dengan Tanggal dan Waktu tab yang dipilih. Di sini anda dapat melihat tanggal yang dipilih saat ini, waktu dan zona waktu. 







Ketika anda memilih tanggal dan waktu Ubah tombol, anda akan melihat Tanggal dan Waktu Pengaturan kotak dialog dan dapat menggunakan kalender control untuk mengubah tanggal dan tombol spin control untuk mengubah waktu. 







Ketika anda memilih tombol Ubah zona waktu, anda akan melihat dialog Pengaturan Zona Waktu kotak dan dapat menggunakan daftar drop-down untuk memilih zona waktu serta mengatur Daylight Savings Time penyesuaian. 







Jika anda ingin menampilkan jam tambahan dari zona waktu yang lain dalam pop-up yang muncul di daerah pemberitahuan ketika anda membawa mouse pointer di atas waktu, anda dapat memilih dua jam dari dalam tab Jam Tambahan. 








Region and Language 







Bila anda memilih Region and Language, anda akan melihat kotak dialog ini dengan tab Format yang dipilih. Di sini anda dapat melihat bahasa yang dipilih saat ini serta format tanggal dan waktu. Dan format ini dapat dirubah. 







Ketika anda mengklik tombol pengaturan tambahan, anda akan melihat kotak dialog Format Customize dan dapat mengubah format regional dengan menggunakan kontrol pada Bilangan, Uang, Waktu, dan Tanggal tab. 







Pada tab Location, anda akan melihat dan dapat mengubah lokasi default, yang digunakan untuk menyediakan aplikasi dengan informasi tentang lokasi geografis komputer anda. 







Dari tab Keyboard dan Bahasa anda dapat mengubah bahasa input keyboard serta bahasa tampilan, yang digunakan untuk menampilkan teks dan mengenali pidato dan tulisan tangan. 







Ketika anda memilih Ubah tombol keyboard, anda akan melihat Input Teks Layanan dan kotak dialog Bahasa dan dapat menggunakan kontrol pada Umum, Bahasa bar, dan Advanced Key tab Pengaturan untuk mengubah bahasa yang dimasukkan dan menyesuaikan keyboard. 







Ketika anda memilih Instal / uninstal berkas bahasa tombol, anda akan melihat Menginstal atau menghapus bahasa tampilan jendela dan dapat menggunakan kontrol untuk mengubah bahasa Windows menggunakan untuk menampilkan teks dalam magic, kotak dialog, menu, dan item lainnya dalam antarmuka pengguna . 







Dari tab Administratif anda dapat melihat dan menyalin pengaturan internasional juga melihat dan mengubah sistem pengaturan lokal. 







Ketika anda mengklik tombol Pengaturan Copy, anda akan melihat layar Welcome dan pengaturan akun user baru kotak dialog yang menampilkan pengaturan bahasa dan lokasi bagi pengguna saat ini dan akan memungkinkan anda untuk menyalin pengaturan ini ke account lain. Bila anda memilih pengaturan bahasa daerah dan untuk komputer anda, seperti bahasa atau masukan default layout keyboard, anda dapat menerapkan pengaturan tersebut ke rekening khusus di Windows disebut account reserved. Account reserved termasuk account pengguna default dan account sistem. 







Ketika anda mengklik tombol Ubah Sistem lokal, anda akan melihat kotak dialog ini dan dapat menggunakan drop-down untuk memilih sistem yang berbeda pengaturan lokal. Sistem lokal menentukan default set karakter (huruf, simbol, dan angka) dan font yang digunakan untuk memasukkan dan menampilkan informasi dalam program-program yang tidak menggunakan Unicode. Hal ini memungkinkan program non-Unicode untuk berjalan pada komputer anda menggunakan bahasa tertentu. 







Diagram pohon ini menyajikan struktur Clock, Language, and Region :


























































Ø 
EASE OF ACCESS

Ketika anda membuka kategori Kemudahan Akses anda akan melihat bahwa ada dua seksi pada kategori ini.




















Penjelasannya adalah sebagai berikut : 








Ease of Access Center 







Ketika anda memilih Kemudahan Access Center, anda akan menemukan sejumlah alat yang dirancang untuk memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi sistem Windows 7 untuk digunakan oleh seorang individu dengan visi, pendengaran, atau keterbatasan mobilitas. Akses Cepat Bagian memberi anda akses mudah ke alat-alat yang paling umum sementara pengaturan Jelajah semua bagian memberi anda lebih individual pengaturan konfigurasi. 







Ketika anda mengklik Mulai Magnifier, anda akan segera melihat jendela dan konfigurasi Magnifier kontrol kotak dialog, yang memungkinkan anda untuk memperbesar atau memperkecil dan memilih pengaturan tampilan anda. 







Ketika anda mengklik icon pada konfigurasi sprocket kontrol kotak dialog, anda akan melihat kotak dialog Opsi Magnifier, yang memberikan anda kontrol lebih fine tuning. 







Mengklik tombol Pengaturan Suara memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi kecepatan volume, dan nada suara. Jika anda memiliki suara-suara tambahan terpasang, anda akan dapat memilih mereka di sini juga. 







Ketika anda klik Start On-Screen Keyboard, anda akan segera melihat keyboard yang berguna untuk mengetikkan sesuatu secara virtual. 







Ketika anda klik Set Up High Contrast, anda akan menemukan jendela layar komputer lebih mudah untuk melihat, yang selain mengubah pengaturan kontras, menyediakan banyak pilihan untuk menyesuaikan layar. 







Jika anda tidak yakin tentang cara untuk melanjutkan, anda dapat mengklik Dapatkan rekomendasi untuk membuat komputer lebih mudah untuk menggunakan link dan menggunakan wizard untuk memandu anda melalui langkah-langkah mengkonfigurasi komputer untuk aksesibilitas. 







Opsi pada Gunakan komputer tanpa jendela layar memungkinkan anda untuk menyesuaikan pengaturan untuk pengguna/user dengan keterbatasan penglihatan atau tuna netra (buta). Dan Opsi pada Gunakan komputer tanpa keyboard mouse atau jendela memungkinkan anda mengkonfigurasi perangkat input alternatif. Serta Opsi pada mouse dapat dibuat lebih mudah untuk menggunakan window memungkinkan anda untuk menyesuaikan pengaturan untuk menunjuk mouse dan perangkat lainnya. 







Speech Recognition 







Bila anda memilih Ucapan Pengakuan anda akan menemukan sejumlah alat yang dirancang untuk memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi bagaimana pengenalan suara bekerja pada sistem operasi Windows 7. 







Ketika anda memilih Buka Pidato Reference Card, anda akan mengakses Bantuan layar yang berisi daftar perintah yang umum digunakan serta informasi lainnya untuk membantu anda dengan fitur Speech Recognition. 







Text to Speech dari kotak dialog Properties Pidato menyediakan anda dengan beberapa pengaturan konfigurasi lanjutan untuk menyesuaikan text to speech. 







Diagram pohon ini menyajikan the Ease of Access :














PENUTUP DAN KESIMPULAN 













Demikianlah sedikit penjelasan tentang Apakah yang dapat dilakukan Sistem Operasi Windows 7 untuk memanage atau mengatur sebuah sistem computer dengan mengacu pada Control Panel. Dari semua penjelasan diatas yang telah kami jabarkan mengenai fungsi alat-alat yang ada dalam Control Panel, kami coba menyimpulkan bahwa untuk mengatur dan memanage sebuah sistem komputer semuanya dipusatkan pada sebuah program aplikasi Control Panel untuk melihat dan memanipulasi dasar sistem pengaturan dan kontrol pada software dan hardware Komputer, seperti menambahkan hardware, menambahkan dan menghapus software dalam sistem komputer, mengendalikan User account, aksesibilitas mengubah pilihan, melakukan konfigurasi, networking, personalisasi, kustomisasi, tweaking, dan setting dari sebuah sistem operasi dapat dilihat, ditetapkan, diubah, atau didefinisikan untuk memperoleh performa yang optimal ketika PC atau Notebook digunakan.





















DAFTAR PUSTAKA 













1. Google.com search engine, About Control Panel windows 7, www.google.com, retrieved 5 march 2010 







2. Wikipedia,the free encyclopedia, Control Panel Windows 7, 2010 www.wikipedia.org, retrieved 5 march     2010 







3. Techrepublic.com, Check out the Windows 7 Control Panel Walkthrough series, www.techrepublic.com, retrieved 7 march 2010











Tidak ada komentar:

Posting Komentar