Selasa, 23 Februari 2010

Sistem Operasi WIndows








SISTEM OPERASI WINDOWS


Untuk menjalankan program – program dan aplikasi pada computer diperlukan adanya sebuah system operasi. Apa  sih pengertian system operasi ? Dalam Ilmu Komputer, Sistem Operasi atau dalam bahasa inggris : operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan control dan manajemen perangkat keras serta operasi – operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program – program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi








Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Secara Umum Sistem Operasi terdiri dari beberapa bagian yaitu :
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sistem Operasi mempunyai tiga fungsi utama yaitu manajemen proses, manajemen sumber daya dan manajemen data.

-                Manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan dan pemantauan proses pada computer. Proses adalah program yang sedang dijalankan.
-                Manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem computer yang dilakukan oleh perangkat lunak sistem ataupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan pada computer. Yang dimaksudkan sumber daya disini adalah komponen perangkat keras dalam computer seperti CPU, memori utama, dan peranti masukan / keluaran
-                Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan / keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam peranti penyimpanan sekunder maupun dalam memori utama.

Selain ketiga fungsi tersebut, sistem operasi biasanya mempunyai sarana untuk mengelola keamanan. Ciri sistem operasi yang mempunyai fasilitas manajemen keamanan adalah mengharuskan user memasukan nama user dan password sebelum mengakses komputer.

Menurut  Andrew S.  TANENBAUM ( Profesor di bidang ilmu komputer di Vrije Universiteit, Amsterdam di Belanda ) Sistem Operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan bisa dibagi kedalam empat generasi :


              I.      Generasi Pertama

Generasi Pertama, antara tahun 1945 – 1955. diawali dengan adanya perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan  manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan error. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem computer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

           II.      Generasi Kedua

Generasi Kedua antara tahun 1955 – 1965 generasi ini adalah masanya Bacth Procesing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian lalu di eksekusi secara berurutan. Pada generasi ini system computer belum dilengkapi system operasi tetapi beberapa fungsi system operasi telah ada, contohnya fungsi system operasi ada;aj FMS dan IBSYS

         III.      Generasi Ketiga

Generasi Ketiga antara tahun 1965 – 1980. Pada gernerasi ini perkembangan system operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana pemakai – pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke computer, maka system operasi menjadi multiuser (digunakan banyak orang sekaligus) dan multiprogramming ( melayani banyak program sekaligus)

        IV.      Generasi Keempat

Generasi Keempat, Sistem Operasi berbasis Jaringan, antara tahun 1980 - 199x. Sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini user juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antarmuka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Sistem Operasi sangat beragam dan biasanya berbeda antara satu platform dengan platform yang lain. Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang sistem operasi, misalnya windows, linux, dos,  OS/2. tetapi kali ini kita akan membahas salah satu sistem operasi saja yaitu sistem operasi windows

Sistem Operasi “Windows” buat oleh perusahaan Microsoft yang terletak di Amerika dan dipimpin oleh Bill Gates. Sistem operasi antarmuka grafis (graphical user interface ) yang memiliki kemampuan multitasking dan dapat digunakan untuk membentuk kerja tim dengan membuat jaringan sederhana, dapat digunakan sebagai klien dalam client/server. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Sistem operasi ini mendukung Pluf and Play, yaitu  suatu kemampuan yang secara otomatis dapat mengkonigurasi perangkat keras baru yang ditambahkan kedalam sistem computer.
Windows disebut sebagai sistem operasi yang
user-friendly, membawanya sebagai sistem operasi yang banyak diminati oleh orang.

Mengapa Sistem Operasinya dinamakan “Windows” ?. Mungkin karena yang pertama tampil di layar monitor ketika komputer dihidupkan adalah gambar seperti jendela-jendela kecil. Nah, sistem operasi windows ini mengalami beberapa perubahan-perubahan dan perbaikan.

Bermula pada akhir tahun 1980 ( awal 1990 – 1994) terkenal dengan sistem operasi windows 3.0, Windows 3.1.1 dikenal dengan generasi Windows 3.X, kemudian mengalami perubahan-perubahan menjadi Windows 95 setelah itu Windows 98 (Windows 9.X), berubah lagi menjadi Windows 2000, Windows ME (Millenium Edition / Edisi Millenium),Windows NT”, yaitu Sistem operasi yang dikhususkan untuk jaringan local, Windows 2000, Windows XP kepanjangan dari “experience” dimana pada sebuah komputer pribadi (PC) Windows ini akan memberikan fasilitas video dan suara secara langsung, Windows Server 2003, Windows Vista. Baru – baru ini Microsoft meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi windows yaitu windows 7 (seven).

Jenis file system yang digunakan oleh windows yaitu  :
1.   FAT (File Allocation Table)
FAT12 :
         Menggunakan ukuran alokasi yang memiliki batas hingga 12 bit
         Merupakan file sistem asli dari FAT yang pertama kali digunakan dalam sistem operasi MS-DOS
         Batas kapasitas hingga 32 MB
         Bisa diakses oleh MS-DOS dan semua OS windows

FAT16 :
         Menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 16 bit
         B Ukuran unit alokasi yang digunakan oleh FAT16 bergantung pada kapasitas partisi yang hendak atas kapasitas hingga 4 GB
         diformat
         Bisa diakses oleh MS-DOS (versi 4.x ke atas) dan semua OS Windows

FAT32 :
         Menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 32 bit
         Batas kapasitas hingga 8 TB
         Diperkenalkan mulai Windows 95 OEM Service Release 2 (Windows 95 OSR2)
         Bisa diakses oleh semua OS Windows kecuali Windows 95 (versi awal), Windows NT 3.x dan Windows NT 4.0

2.      NTFS (New Technology File System)

Merupakan sebuah file sistem yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT. Memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga file sistem FAT
Fitur – Fitur pada New Technology File System
         Dapat mengatur kuota volume untuk setiap pengguna (Disc Quota)
         Mendukung file sistem terenkripsi secara transparan dengan menggunakan jenis beberapa jenis algoritma enkripsi yang umum digunakan
         Penamaan berkas dengan metode pengodean Unicode (16-bit UCS2) hingga 255 karakter, sistem berkas FAT masih menggunakan pengodean ANSI (8-bit ASCII)
Dalam perkembangannya Microsoft windows membuat Versi NTFS sesuai dengan perkembangan dari system operasi windows yang semakin canggih yaitu :
         NTFS versi 1.0 (Windows NT 3.1)
         NTFS versi 1.1 (Windows NT 3.50)
         NTFS versi 1.2 (Windows NT 4.0)
         NTFS versi 2.0 (digagalkan oleh Microsoft)
         NTFS versi 3.0 (Windows 2000)
         NTFS versi 3.1 (Windows XP SP1 dan Widows Server 2003)

Versi-versi Windows

Sudah dirilis

Akan dirilis

Sistem operasi windows mempunyai keunggulan dan kelemahan yaitu :
  1. Keunggulan

    • Seperti yang telah disebutkan, windows adalah system operasi yang user-friendly. Tampilannya begitu bersahabat bagi para pengguna.
    • Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
    • Banyak software berbasis windows
    • Dukungan hardware lengkap, banyak aplikasi yang diperuntukan bagi platform windows semakin melengkapi nilai tambahnya.

  1. Kelemahan

·        Harga licensi mahal
·        Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
·        Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
·        Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
·        Sistem yang kurang stabil

Referensi :

Pengenalan Teknologi Informasi, Abdul kadir & Terrra Ch. Trtiwahyuni

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Microsoft_Windows









Tidak ada komentar:

Posting Komentar