Jumat, 15 Januari 2010

Apa ITuuuuu??

Apa Itu Nasi Hitam?


Jakarta - Nasi hitam bukan nsi putih yang dicampur dengan rumput laut atau tinta cumi. Tetapi nasi ini berasal dari beras hitam, bukan ketan hitam. Jenis beras unggulan ini kini banyak dicari karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Bisa dibeli di pasar tradisional atau pasar swalayan. karena belum banyak ditanam, maka jumlahnya tidak banyak. Harganya pun agak mahal. Cara mengolahnya sama dengan beras biasa, bisa diaron lalu dikukus atau dimasak dalam rice cooker. rasanya pulen dan
agak manis.




Apa Itu Daun Seruni?


Jakarta- Jenis sayuran daun ini dikenal dengan nama shungiku dalam bahasa Jepang atau tong hao dalam bahasa Cina. Sayuran ini berasal dari jenis seruni garland yang duannya sering disantap sebagai sayuran. Bentuknya berlekuk, bergerigi, berbulu halus seperti daun seruni. Rasanya renyah, sedikit pahit dengan aroma wangi menusuk seperti seruni. Sayuran ini biasa dicampurkan untuk tumisan, hotpot atau omelet. Agar tetap renyah, masukkan di saat terakhir. Jika terlalu matang rasanya akan sedikit pahit. Daun ini banyak dijual di pasar tradisional dan swalayan.



Apakah Okra Itu?


Jakarta - Okra dikenal dengan sebutan gumbo atau kacang bendi. Ukurannya sebesar cabai hijau besar, kelilingnya berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Jika dipotong akan terlihat biji-biji kecil dikelilingnya. Jika dimasak akan keluar lendir dari dalamnya. Rasanya renyah dengan tektur mirip terung. Sayuran ini bisa diolah menajdi kari, balado, campuran salad atau hidangan tumis. Jangan terlalu lama memasak okra agar rasanya tetap renyah segar.



Kacang Azuki Sama Dengan Kacang Merah?
Odilia Winneke - detikFood


Jakarta - Kacang azuki merupakan salah satu jenis kacang merah Jepang yang mungil bentuknya, mirip kacang tolo. Kacang ini rasanya gurih mirip kacang merah. Bisa diolah menjadi sup, campuran salad, semur atau untuk es kacang merah. Sebelum direbus, rendam dahulu dalam air dingin selama 1-2 jam. Rebus dalam air secukupnya hingga lunak.


Apa itu horenzo?


Jakarta - Horenzo atau bayam Jepang sering disebut sebagai bayam Bandung atau poeyling. Daunnya lebat dengan batang kecil lurus. Sayuran ini seperti bayam, mudah layu dan rusak jika terkena air. Pilihlah yang daunnya tidak terlalu besar dan batangnya lurus. Belilah sebanyak yang diperlukan karena bayam ini tak bisa disimpan lama. Bisa dibeli di pasar swalayan dan pasar tradisional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar